Corporate Information
Tata Kelola Perusahaan

Perseroan menyadari pentingnya untuk menerapkan lima prinsip Good Corporate Governance (GCG) secara penuh, sebagai cara untuk menjamin pertumbuhan yang berkelanjutan, efisiensi dan efektivitas usaha, serta memberikan hasil yang menguntungkan bagi pemangku kepentingan. Kelima prinsip tersebut adalah keterbukaan, kewajaran, akuntabilitas, pertanggung jawaban, dan kemandirian. Perseroan melakukan berbagai upaya untuk membangun kesadaran di seluruh jajarannya agar menjunjung tinggi prinsip-prinsip tersebut, termasuk dengan mematuhi Kode Etik Perseroan

Pedoman Prilaku (Kode Etik & Kebijakan Anti Korupsi)

PT Hero Supermarket Tbk. (“HERO Group”) mewajibkan semua unit bisnis untuk mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan baik yang secara khusus berlaku bagi bidang usaha retail maupun yang berlaku pada umumnya.

Sebagai karyawan Hero (“Karyawan”), diwajibkan:

  • Memahami peraturan dan perundang-undangan yang berlaku bagi diri sendiri dan pekerjaan;
  • Mematuhi peraturan dan perundang-undangan tersebut;
  • Memastikan bahwa rekan kerja pun mematuhinya terutama jika mereka adalah bawahan Karyawan; dan
  • Melaporkan kepada atasan atau mengikuti prosedur yang digariskan menyangkut pelaporan hal-hal yang bersifat serius (termasuk kebijakan Whistle Blowing), jika ada karyawan yang diketahui tidak mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Ketidakpatuhan pada Pedoman Perilaku ini dapat menimbulkan akibat serius, yang dalam hal yang ekstrem dapat mengakibatkan pemutusan hubungan kerja sesuai dengan ketentuan yang diatur di dalam Undang-undang Ketenagakerjaan yang berlaku di Republik Indonesia maupun dengan Perjanjian Kerja Bersama yang berlaku antara Hero dengan Karyawan.

Pedoman Prilaku ini memuat kebijakan-kebijakan, antara lain mengenai:

  1. Pembayaran Tidak Resmi
  2. Hadiah, Pemberian dan Jamuan
  3. Praktek Meniadakan Persaingan
  4. Benturan Kepentingan
  5. Kepatuhan Memenuhi Kewajiban Perpajakan
  6. Izin Usaha
  7. Pengawasan Devisa
  8. Perizinan Karyawan
  9. Pajak Penghasilan Perseorangan
  10. Perlakuan Terhadap Karyawan
  11. Penagihan
  12. Pembukuan dan Pencatatan
  13. Transaksi Jual Beli Saham / Transaksi Orang Dalam
  14. Keamanan Informasi
Manajemen Risiko
  1. Risiko Persaingan dan Risiko Operasional Untuk memitigasi kedua risiko tersebut, Perseroan secara komprehensif menyusun strategi dan rencana bisnis tahunan yang secara periodic dalam setahun tersebut ditinjau kembali untuk mengkalibrasi ulang antara target dan pencapaian, serta mengidentifikasi risiko yang dihadapi.
  2. Risiko-Risiko Keuangan Perseroan mengelola risiko keuangan di sejumlah area seperti risiko pasar (nilai tukar mata uang asing, tingkat suku bunga), risiko permodalan, risiko kredit dan risiko likuiditas.
Kebijakan Tata Kelola Perusahaan dan Pelaksanaannya

Tujuan penerapan Tata Kelola Perusahaan:

  1. Mengimplementasikan nilai-nilai perusahaan kepada setiap pimpinan dan karyawan Perseroan.
  2. Meningkatkan manajemen organisasi agar lebih professional dan efisien, serta memperkuat semua fungsi dan elemen organisasi.
  3. Mendorong pemegang saham, Dewan Komisaris dan Direksi, untuk menerapkan nilai moral yang tinggi dan ketaatan pada semua peraturan perundangan dalam pengambilan keputusan dan tindakan.
  4. Meningkatkan kesadaran mengenai tugas social Perseroan terhadap para pemangku kepentingan.
  5. Mewujudkan kepuasan bagi seluruh pemangku kepentingan Perseroan.
  6. Sebagai salah satu indicator untuk menguatkan penerapan kode etik dan budaya perusahaan agar melekat pada seluruh karyawan Perseroan.
Kebijakan “Angkat Bicara/Speak Up” (Whistle blowing Policy)

HERO Group berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara konsisten dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsipnya; beroperasi secara adil dan transparan dengan menerapkan standar tertinggi profesionalisme, kejujuran, integritas dan perilaku etis. Untuk mendukung hal ini, kami meluncurkan kembali kebijakan “WHISTLEBLOWING” dengan nama baru yaitu kebijakan “ANGKAT BICARA” (Speak Up Policy), untuk menganjurkan kepada semua karyawan di dalam HERO Group, rekan bisnis dan pelanggan untuk “Angkat Bicara” bila ada keprihatinan serius tentang pelanggaran, sehingga kita dapat mengambil tindakan yang sesuai dan tepat waktu.

Kebijakan “Angkat Bicara” menetapkan prosedur untuk melaporkan masalah serius yang dapat mempengaruhi pekerjaan dan reputasi bisnis HERO Group. Hal-hal ini mencakup segala macam tindak pidana (seperti pencurian, penipuan dan korupsi), kegagalan mematuhi hukum, pelecehan ras dan seksual, masalah kesehatan dan keselamatan, pelanggaran ketentuan keuangan/financial, pelanggaran kebijakan perusahaan dan dengan sengaja merahasiakan adanya pelanggaran- pelanggaran di atas.

Tujuan kami adalah untuk menumbuhkan budaya yang sehat dan terbuka, dimana semua karyawan, kontraktor, pelanggan dan pemasok kita diharapkan untuk angkat bicara dan mereka dapat yakin bahwa mereka dapat angkat bicara tanpa ada reaksi yang merugikan mereka, bahwa mereka akan didengar, dan tindakan yang tepat akan diambil sehubungan dengan kekhawatiran mereka. Kami selalu menindaklanjuti masukan mengenai Perusahaan dengan sangat serius dan kami menyadari merupakan tantangan besar bagi seseorang untuk angkat bicara saat adanya masalah yang serius. Karyawan yang tidak nyaman berbicara secara langsung kepada manager atau anggota dari HERO Group, dapat menyampaikan kekhawatiran mereka melalui website, dan email “Angkat Bicara” atau melalui layanan bebas pulsa yang sudah ditentukan. Platform ini dikelola secara independen oleh penyedia layanan eksternal, dan keluhan dapat dikirimkan secara anonim.

Terima kasih untuk perhatian Anda terhadap hal ini dan saya pribadi mengajak Anda untuk sedikit meluangkan waktu dalam memberikan pemahaman kepada kebijakan penting ini. Silahkan menghubungi Legal HERO Group jika Anda memiliki pertanyaan yang akan diajukan.

 

Sarana Pengaduan "Angkat Bicara"

  • Telepon: 0078036510031 (bebas pulsa)
  • Email: dairyfarm.report@ethics-hotline.com
  • Portal: https://www.thornhill.co.za/kpmgethicslinereportdf
Kebiijakan Privasi

Komitmen Privasi Kami terhadap Pelanggan

PT Hero Supermarket Tbk dan Entitas Anak  ("HERO Group/Kami") berkomitmen untuk melindungi dan menghormati privasi Anda. Kebijakan ini menetapkan alasan kami mengumpulkan data dari Anda dan bagaimana data tersebut akan kami proses. Silakan baca kebijakan ini dengan teliti sehingga Anda memahami tujuan dan praktik kami serta cara kami akan memperlakukan data Anda.

Untuk lebih lanjut silakan akses melalui link berikut ini: unduh disini

Pedoman Perilaku Pemasok PT Hero Supermarket Tbk

Kami dengan senang hati menerbitkan Pedoman Perilaku Pemasok PT Hero Supermarket Tbk versi 1.0.

Untuk informasi lebih lanjut silakan klik tautan berikut: unduh disini