Media
PT HERO SUPERMARKET TBK: PAPARAN PUBLIK TAHUNAN 2018

Tangerang, 4 Oktober 2018 -  PT Hero Supermarket Tbk ("HERO Group") menyelenggarakan Paparan Publik Tahunan di IKEA Alam Sutera, dengan agenda paparan mengenai kinerja perseroan ("Public Expose") tahun 2018. Bahasan utama dalam Paparan Publik Tahunan 2018 adalah PT Hero Supermarket Tbk telah merekrut sejumlah eksekutif baru yang berpengalaman dan memulai Program Perubahan (Change Program) yang komprehensif untuk mengubah dan memperbaiki bisnis Makanan sambil terus mengembangkan bisnis Non-Makanan agar dapat meningkatkan kinerja perseroan secara keseluruhan.

Sampai dengan semester I tahun 2018, HERO Group telah memiliki total 447 gerai yang sudah menjangkau wilayah di Indonesia dari Sumatera hingga Papua, terdiri dari 31 gerai Hero Supermarket, 59 gerai Giant Ekstra, 99 gerai Giant Ekspres, 257 gerai Guardian, dan 1 gerai IKEA.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall mengatakan, “Perseroan menjalankan strategi yang berbeda-beda untuk setiap format gerai. Misalnya pada bisnis Makanan, Giant meluncurkan program Harga Teman sebagai salah satu dari strategi perusahaan untuk menawarkan harga yang lebih murah untuk pelanggan. Program ini menawarkan harga terbaik bagi pelanggan, lebih dari 600 produk favorit pelanggan ditawarkan dengan harga lebih murah. Strategi berbeda diterapkan untuk Hero Supermarket, dimana perseroan terus melakukan branding sebagai supermarket premium dengan mengedepankan kualitas produk dan pelayanan yang baik.”

Sementara itu, pada bisnis Non-Makanan, Guardian fokus pada ekspansi berkelanjutan, tampilan baru, produk eksklusif baru dan mengembangkan supply chain dengan membuka Distribution Center (DC) baru di Surabaya. Sedangkan, untuk IKEA saat ini perseroan sedang melakukan proses pembangunan gerai kedua di Cakung, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan mengingat kinerja penjualan IKEA terus menunjukkan momentum positif dan pertumbuhannya didukung oleh peningkatan jumlah kunjungan pelanggan ke toko IKEA Alam Sutera.

Hero Group juga melaksanakan beberapa kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di sepanjang semester pertama 2018, sebagai bentuk kontribusi aktif perseroan kepada masyarakat melalui program-program sosial yang berdampak positif. Pada tahun 2018 ini 189 toko Giant Ekstra, Giant Ekspres, dan Hero Supermarket melaksanakan program Berdaya Indonesia sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan sebagai sarana untuk memperkuat kerjasama tim di toko.

Salah satu program CSR yang dilakukan adalah Pasar Murah Giant untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat yang sudah dilakukan di 9 titik wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Selain itu, beberapa tindakan responsif sudah perseroan lakukan terkait dengan kejadian bencana alam, seperti Siaga Gunung Agung Bali, Banjir Pacitan, serta Gempa Bumi Lombok. “Kami berharap kehadiran HERO Group dapat membawa suasana positif bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” jelas Patrik Lindvall.

Pada kinerja keuangan semester pertama 2018, bisnis Non-Makanan dari Guardian dan IKEA menunjukkan pertumbuhan penjualan yang solid dengan peningkatan penjualan yang tumbuh sangat baik sebesar 27% menjadi Rp 1.415 miliar, serta peningkatan efisiensi biaya yang sukses. Perseroan mencatat laba bersih sebesar Rp 34 miliar pada semester I 2018, dibandingkan dengan Rp 71 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Kinerja bisnis Non-Makanan yang terus menunjukkan kinerja yang positif, diharapkan dapat mendukung kinerja bisnis Makanan yang masih menghadapi tantangan. “Tim manajemen yang baru akan terus mengembangkan Program Perubahan yang komprehensif untuk meningkatkan kinerja perseroan secara keseluruhan serta terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” tutup Patrik Lindvall.

 

Tentang HERO Group

PT Hero Supermarket Tbk adalah pioneer modern retail di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1971 di Jakarta dan tumbuh menjadi perusahaan yang memiliki format bisnis Supermarket, hipermarket, kesehatan & kecantikan, dan perabotan rumah tangga terkemuka di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, HERO Group tumbuh dan berkembang dalam membangun jaringan bisnisnya serta berinovasi dalam rangka memenuhi kebutuhan serta pola konsumsi masyarakat. Perseroan saat ini mengoperasikan empat unit bisnis yaitu Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA. Hingga Semester 1 tahun 2018, Perseroan telah mengoperasikan 447 toko yang terdiri dari 59 Giant Ekstra, 99 Giant Ekspres, 31 Hero Supermarket, 257 Guardian dan 1 IKEA.

Lini Bisnis:

Hero Supermarket menawarkan pengalaman berbelanja yang berkualitas, menghadirkan pilihan produk yang beragam, keunggulan harga dan layanan  pelanggan.  Produk yang premium,  produk  lokal  yang  segar  serta  produk  eksklusif dengan merek internasional menjadi keunggulan utama  Hero Supermarket.

Giant menawarkan  berbagai  macam  produk  dengan  harga  terjangkau. Giant memiliki dua format yaitu Giant Ekstra, Giant Ekspres yang mengutamakan  efisiensi serta kenyamanan berbelanja di berbagai lokasi strategis.

Guardian menawarkan berbagai macam produk perawatan kesehatan, dan  kecantikan  serta  produk  personal  care dengan  tenaga  spesialis  yang  akan  membantu  pelanggan dalam memberikan saran yang tepat dan pelayanan yang terbaik.

IKEA menawarkan berbagai produk home furnishing yang terjangkau dan unik. IKEA berusaha untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari konsumennya dengan menggabungkan fungsi, kualitas, desain dan harga, didukung oleh komitmen yang kuat untuk keberlanjutan. IKEA memiliki visi "untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang".

 

Untuk informasi lebih lanjut:

Tony Mampuk

General Manager Corporate Affairs, PT Hero Supermarket Tbk

Tel: +62-21-8378 8058

Email : Extcomm@hero.co.id