LANGKAWI: Komitmen dan konsistensi dalam menjalankan semua program CSR-nya, mengantarkan PT Hero Supermarket Tbk kembali meraih penghargaan Best Country CSR Excellence Award dan CSR Leadership Award. Kompetisi yang diselenggarakan oleh The Pinnacle Group International ini membawa PT Hero Supermarket Tbk meraih penghargaan tingkat internasional dalam acara 9th Annual Summit and Conference di Langkawi, 29 Maret 2017 yang dihadiri oleh perusahaan-perusahaan besar, baik dalam dan luar negeri.
Berbeda dengan prestasi HERO Group di 8th Annual Summit and Conference pada tahun 2016 yang lalu, kali ini HERO Group berhasil memenangkan dua penghargaan sekaligus yaitu penghargaan platinum untuk dua kategori, yakni Best Country CSR Excellence Award dan CSR Leadership Award dalam acara 9th Annual Summit and Conference. Pada ajang ini, HERO Group berhasil mengalahkan lebih dari 200 perusahaan, baik dalam dan luar negeri.
HERO Group berhasil memenangkan kompetisi ini karena dari hasil penilaian program CSR-nya dinilai paling baik berdasarkan 3 aspek utama, yaitu dampak kegiatan CSR bagi lingkungan, pendidikan, kemiskinan, dan community development. Keberlanjutan program (sustainability) serta kontribusi program CSR terhadap bottom line perusahaan juga menjadi poin penting dalam penilaian ini. PT Hero Supermarket Tbk berhasil mendapat nilai tertinggi berkat berbagai program yang dilakukan, yang mencakup empat pilar utama, yakni Kesehatan Masyarakat, Pendidikan, Lingkungan, dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, yang dituangkan melalui wadah CSR Hero Peduli.
“Semua program CSR HERO Group terinspirasi dari keadaan sekitar dan juga bentuk dukungan terhadap Sustainable Development Goals (SDGs), selain itu program-program kami juga mengacu pada ISO 26000 dimana sebagai pelopor perusahaan retail di Indonesia, HERO Group bersinergi dengan pemerintahan, komunitas dan masyarakat menciptakan program yang bermanfaat dan berdampak luas. Terima kasih atas segala dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh seluruh karyawan HERO Group dan juga pelanggan setia HERO Group terhadap program-program CSR kami. Melalui HERO Peduli, bersama-sama kami akan terus berupaya untuk selalu memberikan kontribusi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia”, ungkap Natalia Lusnita, Senior GM CSR & Corporate Communication PT Hero Supermarket Tbk.
Sekilas Tentang Hero Peduli
Hero Peduli merupakan wadah kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) PT Hero Supermarket Tbk yang berfokus pada empat pilar, yaitu:
- Pendidikan
Komitmen HERO Group untuk terus berperan aktif dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia berawal dengan dibentuknya program Satu Toko Satu Sekolah, yaitu program pemberian bantuan kepada satu sekolah yang berlokasi di wilayah sekitar unit toko baru Giant, yang dimulai pada 2012. Seiring dengan berjalannya waktu, HERO Group juga berperan aktif dalam mengajak anak-anak untuk meningkatkan kompetensi diri melalui kegiatan-kegiatan seperti Hero Teaching, Hero Books of Happiness, serta kegiatan Ramadhan Ceria. Hingga saat ini, sebanyak 428 sekolah yang terletak di 28 kota telah menerima manfaat dari program-program tersebut. Selain itu, HERO Group juga bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan mengenai gizi baik dan pangan aman di 27 sekolah dan 78 POSYANDU di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi melalui kegiatan MOGI HERO (Mobil Pangan dan Gizi HERO).
- Kesehatan
Diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan Kementerian Kesehatan pada Maret 2014 HERO Group untuk meluncurkan Program KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat Hero) yang berfokus pada peningkatkan kualitas kesehatan dan perbaikan gizi bagi Ibu hamil, Ibu menyusui, dan anak usia balita melalui pembinaan terhadap POSYANDU. Hingga saat ini sudah lebih dari 17 ribu anak menerima manfaat dari program KASIH.
- Lingkungan
Sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap kelestarian lingkungan, PT Hero Supermarket Tbk memiliki program Hero Green Action yang aktif melakukan kegiatan-kegiatan penghijauan dan penghematan energi yang dilakukan di lingkungan internal perusahaan maupun eksternal perusahaan.
- Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Merupakan upaya PT Hero Supermarket Tbk untuk memberdayakan petani lokal melalui pembinaan dan penyerapan langsung produk-produk segar pertanian yang sekaligus memotong rantai pasokan. Adapun dalam pelaksanaan program ini, HERO Group telah menggandeng Universitas Padjajaran Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Gadjah Mada guna memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para petani lokal agar dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan standar pasar modern.
Langkawi, 29 Maret 2017
Fia Arwinta
External Communication Manager
PT Hero Supermarket Tbk
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
External Communication PT Hero Supermarket Tbk
T: (021) 8378 8058 | E: extcomm@hero.co.id
Informasi ini dan berita lainnya mengenai HERO Group dapat diakses melalui internet di www.hero.co.id