Media
HERO Group Raih Penghargaan Internasional sebagai Community Care Company of The Year

SINGAPURA: PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) berhasil terpilih sebagai Community Care Company of The Year versi “Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES Awards)” di Hotel Intercontinental Singapura tadi malam, 5 November 2015. HERO Group mengungguli lima perusahaan besar lainnya dari berbagai negara dalam kategori Top Community Care Companies in Asia.

Acara ini digelar oleh MORS Group yang merupakan Lembaga penelitian dari Malaysia yang meneliti perusahaan yang memiliki inisiatif CSR berdasarkan matriks penelitian seperti kode etik, manfaat program, keragaman dan inklusi, produk & inovasi serta integrasi bisnis perusahaan dengan CSR yang dilakukan.

Penghargaan ini adalah sebuah ajang tingkat internasional yang diikuti oleh 112 perusahaan besar di Asia. Adapun ajang ini terbagi menjadi beberapa kategori: Top Green Companies in Asia, Top Community Care Companies in Asia, Top Companies to Work for in Asia, Most Socialy Responsible Company of The Year, Top CSR Advocates in Asia, Best CSR Campaign of The Year.

“Penghargaan ini akan menjadi pemicu semangat kami untuk selalu memberikan yang terbaik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia untuk masa depan yang lebih baik melalui kegiatan-­‐kegiatan CSR HERO Group dibawah payung Hero Peduli”, ungkap Natalia Lusnita, General Manager CSR & Corporate Communication PT Hero Supermarket Tbk saat menerima penghargaan.

HERO PEDULI memiliki 4 pilar CSR yaitu:

• Pendidikan

Bisnis unit Giant berfokus di bidang pendidikan melalui dua program yaitu: “Satu Toko, Satu Sekolah” yang telah berlangsung sejak tahun 2012 telah memberikan bantuan renovasi infrastruktur & fasilitas sekolah, bantuan inventaris & pustaka buku, pelatihan peningkatan kompetensi guru dan beasiswa untuk murid-­‐murid berprestasi kepada lebih dari 300 Sekolah di wilayah dimana toko Giant berada di Indonesia. “Rumah GIAT (Giant Inspirasi Anak Teladan)” adalah program pendukung Satu Toko Satu Sekolah yang berfokus terhadap pembinaan soft skills berupa pengadaan fasilitas belajar yang disertai kegiatan edutainment untuk masyarakat di sekitar toko Giant sebagai upaya mendukung gerakan gemar membaca. Program tersebut diaplikasikan melalui kegiatan perpustakaan, bimbingan belajar gratis, permainan Ekonomi, Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.

• Kesehatan

Program KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat Hero) merupakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang dijalankan oleh bisnis unit Hero Supermarket yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dalam mengurangi angka kematian anak dan ibu serta peningkatan kualitas kesehatan & perbaikan gizi balita. Berbagai kegiatan yang terangkum dalam program KASIH adalah edukasi kesehatan, peningkatan kompetensi kader POSYANDU, seminar kesehatan, lomba Posyandu & Kader Posyandu, pemberian makanan tambahan, konsultasi Ibu hamil & menyusui serta pelayanan kesehatan. Sejak tahun 2014 hingga saat ini, KASIH telah membina lebih dari 104 POSYANDUdengan penerima manfaat sebanyak 10.000 balita di wilayah Tangerang Selatan, Jakarta, Surabaya, dan Timika.

• Lingkungan

Sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, HERO Group memiliki program HERO GREEN ACTION yang merupakan kampanye gaya hidup ramah lingkungan untuk internal perusahaan dan eksternal berupa kerja bakti bersama warga, donasi berupa tanaman dan peralatan pertamanan.

• Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku pertanian dan perkebunan local, HERO Group secara aktif membuka kesempatan dan menjalin kerjasama kepada para petani local untuk menjadi pemasok produk segar berkualitas terhadap gerai bisnis unit Giant dan Hero Supermarket. Melalui pilar ini, HERO Group telah bekerja sama dengan Universitas Padjajaran dalam membina petani local dan meluncurkan co-­‐branding KATATA yang telah launching pada 7 April 2015 yang lalu. Kerja sama ini dilakukan untuk memberikan fasilitas, pelatihan serta pendampingan pengelolaan pertanian agar produk tani yang dihasilkan dapat lebih berkualitas dan dapat mengakses pasar terstruktur misalnya : pasar modern atau swalayan, food services hingga export. Melalui Program petani binaan ini, peningkatan kualitas produk bisa dapat ditelusuri dari awal penanaman dan pemeliharaannya di kebun. Selain treatment terhadap tanaman, penyesuaian peralatan yang standar dan peningkatan wawasan SDM yang mengelola kebun, menjadi faktor utama dalam pengelolaan pertanian.

HERO Group percaya kemajuan suatu Bangsa bukan hanya karena kemajuan teknologi dan pendidikan, tetapi perlu didukung dengan ketulusan hati dan kepedulian terhadap sesama.

 

Singapura, 6 November 2015

 

Risda Antemas

External Communication Manager