Program Tanggung Jawab Sosial

Reports
01-02-2017

SATU TOKO SATU SEKOLAH

Dalam bidang pendidikan, kami memiliki program Satu Toko Satu Sekolah yang telah dijalankan sejak akhir tahun 2011. Program ini adalah komitmen unit bisnis Giant untuk selalu memberikan bantuan setidaknya 1 (satu) sekolah yang terletak di area sekitar toko, baik toko baru maupun toko yang sudah berdiri.

Sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan, merupakan sekolah yang direkomendasikan dari pelanggan-pelanggan setia Giant, baik melalui toko ataupun kepada Divisi CSR melalui email yang tercantum di materi POS yang tersebar di toko. Selain itu, rekomendasi sekolah dan jenis bantuan yang diberikan merupakan hasil social mapping oleh tim CSR serta partner atau yayasan yang ditunjuk sebagai mitra kerja kami sebagai pihak yang bertanggung jawab mengelola dana konsumen Giant serta pelaksana program Satu Toko Satu Sekolah.

Bantuan yang diberikan berbentuk pengadaan fasilitas, perbaikan infrastruktur hingga beasiswa untuk murid. Sejak pertama kali diadakan hingga tahun 2016 ini, sebanyak 377 sekolah telah terbantu oleh program Satu Toko Satu Sekolah ini.

RUMAH GIAT

Sejak Mei 2014 Giant menambahkan program pengembangan soft skills dengan menyediakan 6 Rumah GIAT (Giant Inspirasi Anak Teladan) yang memberikan bimbingan belajar gratis, kurikulum ekstrakurikuler dan edutainment, serta berbagai aktivitas lainnya kepada anak-anak di lingkungan sekitarnya dengan penerima manfaat mencapai total lebih dari 1000 anak.

Lokasi ke-6 Rumah Giat ini tersebar mengikuti lokasi toko Giant di seluruh Indonesia, dan sebagai tahap awal dipilih lokasi di: Tangerang Selatan, Bekasi, Jakarta Timur, Lampung, Surabaya, Jogyakarta.

MOGI HERO (MOBIL PANGAN DAN GIZI HERO)

Dalam Rangka memperingati Hari GIZI NASIONAL  dan Bulan Keamanan Pangan BPOM, Hero Group mengadakan Program Mobil Pangan dan Gizi HERO (MOGI HERO). Program yang didukung penuh oleh Badan POM Pusat ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengalaman menyenangkan tentang makanan sehat dan pangan aman. Selain itu juga didistribusikan bingkisan sehat kepada 10,000 penerima manfaat. Roadshow MOGI HERO 2016 dilaksanakan di 25 sekolah area Jabodetabek dan 4 Posyandu binaan di Pondok Pinang, Pondok Betung, Parigi, dan Pondok Jaya. Melalui program ini diharapkan murid dapat lebih memahami makanan aman, sehat dan bergizi, serta mendukung terwujudnya keamanan pangan di sekolah mereka masing-masing.

HERO TEACHING

Program yang dilakukan untuk memperkenalkan dunia retail modern sejak dini ini telah berjalan sejak 2015, dimana para siswa diajak untuk bisa melihat langsung proses yang ada di dalam gerai Giant & Hero, mulai dari penerimaan barang, pengolahan hingga proses penjualan kepada konsumen. Program ini menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan serempak dalam satu hari di toko-toko yang terdapat di berbagai kota.

Pada tahun 2015, HERO Teaching melibatkan lebih dari 800 siswa dari 20 sekolah di 20 kota berbeda. Di tahun selanjutnya siswa yang terlibat mencapai lebih dari 1000 siswa dari 41 sekolah yang berbeda.

Mulai tahun 2016, kami juga mengajak siswa untuk merasakan pengalaman berbeda untuk berbelanja melalui kegiatan Fun Shopping. Tidak hanya itu, karyawan kantor pusat Hero Group juga turut berkontribusi dengan mengajar langsung di hadapan siswa pada sekolah yang sudah ditentukan.

 

HERO BOOKS OF HAPPINESS

Memperingati Hari Buku Sedunia dan juga Hari Buku Nasional, HERO Group melakukan program donasi buku yang diperuntukan kepada anak-anak di daerah yang kekurangan akses baca. Program ini tidak hanya melibatkan karyawan yang ada di head office tapi juga mengajak serta konsumen setia dan juga penerbit-penerbit.

Sebanyak 672 buku terkumpul pada program Hero Books of Happiness 2015 untuk diserahkan kepada anak-anak di Jogja melalui komunitas Book for Mountain dan bertambah sebanyak 4089 buku pada tahun 2016 yang diperuntukan kepada anak-anak di Nusa Tenggara Timur melalui komunitas Donasi Buku Indonesia. Program ini dilaksanakan selain untuk memberi manfaat kepada anak-anak yang kekurangan akses baca, tapi juga untuk menumbuhkan kesadaran berbagi baik kepada karyawan internal, konsumen dan semua pihak yang terkait.

 

RAMADAN BERBAGI

Program CSR HERO Group di bulan Ramadan berfokus pada sisi pendidikan agama secara informal dimana program yang diadakan adalah lomba-lomba yang bertema keagamaan. Pada tahun 2015, diadakan lomba adzan yang diikuti oleh para peserta dari lingkungan sekitar toko dan pada tahun 2016 lomba yang diadakan adalah lomba dai cilik yang melibatkan puluhan peserta audisi yang diadakan di toko-toko yang telah ditunjuk di Jabotabek.

Program ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini dan juga menumbuhkan rasa kompetisi yang baik diantara para peserta. Selain lomba, program Ramadan Berbagi ini juga meyelenggarakan acara berbagi makanan buka puasa untuk lingkungan sekitar dan juga paket bantuan kepada anak yatim.

01-02-2017

KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat HERO)

Dimulai sejak April 2014, Program KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat Hero) yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini memfokuskan pada pembinaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Program berkesinambungan yang akan berjalan selama 3 tahun ini telah membina sebanyak 110 Posyandu di 4 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Surabaya, dan Timika dengan total penerima  bantuan sebanyak lebih dari 10.000 anak dibawah usia 5 tahun. Dukungan yang telah dilakukan adalah penyuluhan dan pelatihan Kader Posyandu, pemberian makanan dan vitamin tambahan, serta penyediaan sarana atau peralatan penunjang kegiatan Posyandu.

Sebagai rangkaian dalam program KASIH, juga diadakan Posyandu Competition dan Posyandu Fair. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk evaluasi dan apresiasi kepada kader dan posyandu yang telah dibina. Dalam Posyandu Competition, tim penilai yang beranggotakan dari Dinas Kesehatan, Puskemas, dan kelurahan setempat ini akan mengukur kemampuan posyandu secara keseluruhan termasuk kader posyandunya,  baik dari segi operasional posyandu maupun secara administratif. Hasil dari penilaian tersebut akan diumumkan pada Posyandu Fair, dimana juga akan melibatkan masyarakat sekitar dan partner lainnya untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Posyandu Fair tersebut.

Tahun pertama Posyandu Competition dan Posyandu Fair dilaksanakan  di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan dengan melibatkan 21 posyandu, dan tahun kedua dilaksanakan di Kelurahan Pondok Jaya, Tangerang Selatan. Kader dan Posyandu terbaik tentunya diharapkan dapat menjadi contoh dan mempunyai kewajiban untuk menularkan semangat kepada posyandu-posyandu lainnya.

DONOR DARAH HERO

PT Hero Supermarket Tbk  secara rutin bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Tangerang Selatan dalam menyelenggarakan kegiatan donor darah. Setiap 3 bulan, kantor pusat HERO Group akan mengadakan kegiatan Donor Darah yang diikuti oleh karyawan yang telah mendaftarkan diri. Pada setiap penyelenggaraan Donor Darah, juga diadakan talkshow yang berkaitan dengan kesehatan yang bekerjasama dengan pihak sponsor.

GUARDIAN POSYANDU SUPPORT & SUPPLEMENTARY FEEDING

HERO Group melalui unit bisnis Guardian kembali menunjukkan dukungannya terhadap Posyandu, yang dilaksanakan di Posyandu Jurang Mangu Timur pada Januari dan Februari 2016. Kegiatan yang dilakukan oleh tim Guardian yaitu mendukung proses aktivitas 5 Meja Posyandu yang diantaranya meliputi penimbangan, penyuluhan, dan pemberian makanan tambahan. Sebanyak 296 balita secara langsung dapat merasakan maanfaat dari kegiatan ini.

GUARDIAN JATINANGOR CARE

Pada bulan Maret 2016, tim Guardian berkunjung ke Desa Cipacing, Jatinangor, untuk melaksanakan kegiatan pengobatan umum, cek gula darah dan tekanan darah, serta konsultasi kesehatan, yang semua diberikan secara gratis untuk warga sekitar. Kegiatan yang juga melibatkan tim ahli kesehatan dari Guardian (Dokter dan Apoteker) ini disambut antusias oleh warga mulai dari tingkat RW sampai ke tingkat kecamatan.

GUARDIAN UBUD CARE

Wilayah Ubud, Bali juga tidak lepas dari aktivitas kepedulian tim Guardian yang rangkaiannya meliputi kelas Yoga, pemeriksaan kesehatan gratis, serta donor darah. Kegiatan diawali dengan kelas Yoga yang diikuti hampir 40 peserta, termasuk diantaranya warga asing yang tinggal atau sedang berkunjung ke Ubud. Kemudian lebih dari 250 orang warga sekitar juga ikut berpartisipasi dalam pemeriksaan kesehatan gratis, yang dilanjutkan pula dengan kegiatan donor darah.

ZUMBA CARNIVAL

Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Dunia dan peduli terhadap penderita kanker, HERO Group mengadakan penggalangan dana melalui kegiatan Zumba Carnival. Bertemakan “Lets Groove for the Cure!”, kegiatan senam Zumba yang secara massal dilaksanakan di Parkir Timur Senayan ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 474.900.000,- (empat ratus tujuh puluh empat  juta sembilan ratus ribu rupiah). Dana yang kemudian disumbangkan kepada anak-anak penderita kanker di bawah naungan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI).

OKTOBRA (OKTOBER LAWAN KANKER PAYUDARA)

Turut berpartisipasi dalam bulan Kanker Payudara Sedunia dan sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-51, HERO Group menggelar OKTOBRA (Oktober Lawan Kanker Payudara). Pada kesempatan ini HERO Group yang diwakili oleh Stephane Deutsch, Presiden Direktur HERO Group, secara simbolis memberikan dukungan terhadap program-program Lovepink (Komunitas yang memberi pendampingan dan dukungan kepada penderita Kanker Payudara) yang diterima oleh Shanti Persada, Founder Lovepink.

Serangkaian kegiatan dilakukan untuk mengkampanyekan OKTOBRA, diantaranya jalan sehat Pink Walk, Senam SADARI (Periksa Payudara Sendiri), Deteksi Dini dan USG gratis, serta Talkshow Interaktif “SADARI Kanker Payudara Sejak Dini”.

HERO HEALTHY PROJECT

HERO HEALTHY PROJECT merupakan salah satu bentuk kepedulian HERO Group dalam bidang kesehatan dan bentuk dukungan kepada Kementerian Kesehatan RI dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional di Bulan November 2014, melalui beberapa rangkaian kegiatan yang melibatkan lingkungan internal dan eksternal dari HERO Group.

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan lari bersama karyawan internal sebagai langkah hidup sehat yang dimulai dari lingkungan sendiri. Kegiatan ini kemudian diperluas ke lingkungan eksternal dalam kegiatan edukasi menjaga kesehatan gigi dan mulut serta memberikan tindakan periksa gigi gratis kepada siswa Sekolah Dasar Pondok Betung 05. Sebanyak 601 siswa sangat antusias dan tidak sedikit yang menerima tindakan cabut gigi dari dokter dari Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) pelaksana kegiatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan melibatkan sekitar 800 masyarakat sekitar wilayah CBD Bintaro melalui senam Aerobic dan Zumba serta pemeriksaan kesehatan gratis (pemeriksaan tulang, kolesterol, dan gula darah).

26-12-2016

GIANT UKM CORNER

Salah satu bentuk kepedulian untuk mendukung dan memajukan UKM adalah dengan menyediakan booth bagi mereka untuk menjual berbagai macam produk olahan hasil dari UKM tersebut.

 

PETANI BINAAN

Saat ini masih jarang petani kecil yang memiliki standarisasi pertanian, penerapan teknologi, dan fasilitas transport yang mendukung untuk pengiriman ke pasar modern. Lebih banyak struktur distribusi pertanian di Indonesia dikuasai oleh tengkulak dan pedagang, sehingga selisih jual harga komoditi tidak dapat langsung dinikmati oleh para petani yang sejak awal menanam.

Salah satu terobosan baru dengan menggandeng langsung para petani (direct farmer), program pembinaan ini dilakukan dengan harapan para petani akan dapat langsung mendistribusikan produk mereka ke toko Giant dan Hero Supermarket.

Program pertama yang diluncurkan adalah kerjasama antara PT Hero Supermarket Tbk, bersama dengan Universitas Padjadjaran Bandung melalui program Petani Binaan KATATA pada 7 April 2015. Program ini diawali dengan pendampingan petani yang sudah dilakukan sejak September 2014, yang kemudian juda dilakukan diskusi bersama akademisi, petani, dan tim HERO Group yang memberikan arahan tentang peningkatkan kualitas produk pertanian, khususnya sayuran. Melalui kerjasama ini diharapkan bersama-sama dapat meningkatkan kualitas produk pertanian dan petani bisa langsung mengakses pasar terstruktur (pasar modern, food service, dan ekspor). Petani Binaan KATATA ini akan mengirimkan langsung produk co-branding KATATA ke toko Giant di area Jawa Barat dan juga ke Distribution Center di Cibitung.

Program Petani Binaan selanjutnya, HERO Group bekerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Tengah serta Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meluncurkan program Petani Binaan MERBABU pada 20 September 2016. Program yang juga dikawal langsung oleh tim ahli dari Fakultas Pertanian UGM ini berpusat pada petani binaan di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Selain bantuan peralatan pertanian, aktivitas pembimbingan melalui diskusi dan pelatihan juga sudah diprogramkan untuk membantu meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi dari para petani. Saat ini produk co-branding MERBABU dapat langsung ditemui di toko Giant area Yogyakarta dan Jawa Tengah.

26-12-2016

HERO GREENSPIRING MOVEMENT

HERO Greenspiring Movement adalah program yang digagas HERO Group sebagai salah satu aksi nyata untuk mendukung kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik. Melalui program ini, HERO Group ingin mengedukasi dan mengajak konsumennya untuk lebih peduli kepada lingkungan mulai dari diri sendiri dan hal kecil. Rangkaian acara yang dilakukan antara lain talkshow peduli lingkungan melalui pengelolaan sampah, pembagian kantong recycle, dan shopping challenge yang mensosialisasikan bahwa belanja minim sampah itu mungkin dilakukan.


GIANT PEDULI BRANTAS (GIRAS)

Melalui unit bisnis GIANT, HERO Group tergerak untuk melakukan aksi peduli lingkungan untuk menjaga kelestarian wilayah hulu Sungai Brantas, Batu, Jawa Timur, yang dinamakan dengan program “Giant Peduli Brantas (GIRAS)”.

Sebagai  sungai terpanjang kedua di Jawa Timur yang mengairi 15 kota dan kabupaten di Jawa Timur, termasuk wilayah-wilayah dimana berdirinya 26 gerai Giant di Jawa Timur. Sungai Brantas yang terletak di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, memiliki permasalahan alih fungsi hutan yang salah satunya berdampak kepada debit air hulu sungai tersebut.

Kegiatan yang diimplementasikan dalam program yang diluncurkan pada 2 Juni 2016 ini adalah reforestasi hutan, pembangunan fasilitas umum (MCK, tandon air minum dan bronjong kawat), pembuatan jalan setapak ke lokasi Hutan Pendidikan, pembangunan 4 gazebo dan 1 pos pantau, dukungan pembibitan, pembinaan dan pendampingan petani binaan, serta pemberdayaan masyarakat melalui beberapa aktivitas lainnya.

Melalui gerakan GIRAS ini, HERO Group mengajak masyarakat untuk turut serta dalam program yang akan dijalankan selama 2 tahun kedepan melalui keterlibatan aktif pada kegiatan yang akan dilakukan setiap 3 bulan sekali.

CARE TO SHARE

Kegiatan peduli lingkungan tidak hanya difokuskan pada ekosistem darat saja melainkan juga perairan. Bertajuk HERO GREEN ACTION: CARE TO SHARE, kegiatan edukatif yang melibatkan murid-murid SDN Pamarican 2 menyebarkan puluhan ribu ikan di Danau Tasikardi, Serang, Banten.

Tidak hanya dalam aksi kepedulian lingkungan, Kegiatan yang bekerjasama dengan Jurnalis Joran Indonesia (JOJONERS) ini juga memberikan pelatihan pendidikan informal pelatihan jurnalistik dan pengenalan pola hidup bersih dan sehat, serta pemberian bantuan alat penunjang pendidikan berupa komputer dan infocus kepada SDN Pamarican 2, Banten.

Kegiatan sebar puluhan ribu ikan bertujuan sebagai upaya mitigasi penurunan populasi akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatan yang berlebihan yang kerap dijadikan lokasi pemancingan bagi warga sekitar juga para pendatang. Benih-benih ikan yang disebar adalah ikan mas, patin dan lele yang merupakan spesies endemik di Danau Tasikardi.

KOMPETISI FOTO PENGURANGAN KANTONG PLASTIK

Untuk mendukung Hari Peduli Sampah Nasional dan sebagai upaya mewujudkan Indonesia Bersih dari Sampah 2020, HERO Group mengadakan kegiatan kompetisi foto bertemakan “Pengurangan Kantong Plastik” melalui media sosial. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen untuk mulai mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Kompetisi yang diikuti langsung oleh konsumen Giant dan Hero Supermarket ini, berhasil mengumpulkan 403 peserta.


GREEN COMMUNITY

Mendukung pemerintah dalam upaya mewujudkan Indonesia Bersih dari Sampah 2020, HERO Group melalui program Green Community memberikan bantuan alat-alat kebersihan untuk mendukung kebersihan lingkungan di Jurang Mangu Barat. Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany ini, meliputi pemugaran pada lokasi di salah satu sudut area Jurang Mangu Barat yang sebelumnya penuh sampah, telah berubah menjadi taman kecil.

Di tahun berikutnya, HERO Group menyerahkan lebih dari ratusan tanaman hias, serta peralatan kebersihan untuk penghijauan area Polsek Pondok Aren, Tangerang Selatan.

BIOGAS

Limbah organik adalah barang yang dianggap sudah tidak terpakai dan dibuang oleh pemilik/pemakai sebelumnya, tetapi masih bisa dipakai jika dikelola dengan prosedur yang benar. Guna mendukung program gaya hidup yang bersahabat dengan lingkungan (Go Green) dan menjadi salah satu bentuk dari pengelolaan sampah (waste management), tim Facility Management HERO Group mengembangkan sebuah alat yang berfungsi sebagai pengolahan limbah untuk dijadikan Biogas. Pilot project penerapan biogas dilakukan di Giant Taman Yasmin, dengan berhasil merubah rata-rata setengah ton sampah organik setiap minggunya. Energi yang dihasilkan kemudian dipergunakan untuk kebutuhan bahan bakar memasak di kantin UKM secara cuma-cuma.

STORE GREEN ACTION: PENGHIJAUAN SEKOLAH

Kepedulian HERO Group terhadap lingkungan kembali diwujudkan dalam aksi giat lingkungan yang kali ini bertujuan untuk menghijaukan sekolah yang berada di sekitar toko HERO Supermarket dan Giant. Melibatkan 33 toko yang tersebar di seluruh Indonesia, kegiatan yang dilakukan di sekolah meliputi kegiatan bersih lingkungan, penanaman pohon, pemberian bibit, pemberian tanaman apotek hidup, dan dukungan peralatan kebersihan. Karyawan toko turut serta secara langsung untuk bersama-sama dengan murid dan pengelola sekolah melakukan aksi ini. Melalui kegiatan ini kami harapkan murid dapat memahami arti pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sejak dini.

STORE GREEN ACTION: KERJA BAKTI MASSAL

Store Green Action berupa kerja bakti massal dilakukan serentak di 88 toko HERO Group yang tersebar di Indonesia, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia melalui aktivitas kerja bakti membersihkan wilayah pemukiman warga sekitar yang dilakukan oleh seluruh jajaran staf toko,  sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan.