Media
HERO TEACHING 2016: Lebih dari 1000 Anak Belajar Dunia Retail Bersama HERO GROUP

TANGERANG SELATAN: Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016 mendatang, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) hari ini, Sabtu 30 April 2016 menyelenggarakan acara HERO Teaching yang melibatkan lebih dari 1000 siswa dari 50 sekolah dasar dan dilaksanakan secara serentak di 25 Toko (Giant & Hero Supermarket) di 25 kota. 

“Kami memahami bahwa pendidikan merupakan pondasi kemajuan suatu Bangsa, hal inilah yang menginspirasi kami untuk berperan aktif melalui aksi nyata dalam dunia pendidikan. Selama ini memang anak-anak sudah akrab dengan dunia retail namun belum memiliki gambaran bagaimana seluk beluk bekerja di dunia retail, oleh karena itu kami membuat program ini untuk berbagi ilmu dan memberi gambaran untuk membuka wawasan anak-anak seputar ritel”, ungkap Natalia Lusnita, Senior General Manager PT Hero Supermarket Tbk dalam sambutannya. 

Adapun kegiatan yang dilakukan di Hero Teaching adalah : 

1. Tour de Store

  • Mekanisme barang display 

Karyawan memberikan penjelasan mengenai cara dan penentuan peletakan barang display yang ada di gerai. 

  • Pengenalan produk private label 

Giant dan Hero Supermarket memiliki beberapa produk private label (menggunakan merk sendiri), pada sesi ini siswa-siswi akan dijelaskan apa itu private label dan jenis apa saja yang ada sebagai sarana perkenalan dengan private label. 

  • Fresh Corner 

Penjelasan mengenai produk-produk fresh seperti kualitas buah, sayur, daging, ikan yang baik serta cara-cara pemotongan ikan dan daging sehingga menarik untuk di display. 

  • Mekanisme barang diterima atau reject 

Pada sesi ini siswa-siswi akan dijelaskan mengenai criteria barang seperti apa yang dapat diterima dan ditolak oleh toko. 

  • Bakery 

Selain melihat proses pembuatan roti, para siswa juga akan diajak untuk menghias roti dan kue. 

2. Fun Shopping 

Permainan berkelompok sarat edukatif dimana para siswa harus dapat belanja sesuai list yang telah ditentukan dengan jumlah uang yang telah ditentukan. Games ini melatih kerjasama antara individu dan mengasah kemampuan berhitung serta kreativitas. 

3. Lomba Menulis & Lomba Mewarnai 

Para siswa yang telah mengikuti Hero Teaching akan menuangkan pengalamannya selama mengikuti Tour de Store dan Fun shopping, tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah menarik. Sedangkan para peserta Hero Teaching yang masih duduk di kelas 1 dapat mengikuti lomba mewarnai dan akan diseleksi 3 terbaik untuk memenangkan hadiah menarik. 

Tidak hanya itu saja, pada tanggal 9 Mei 2016 mendatang beberapa karyawan HERO Group yang merupakan perwakilan dari beberapa divisi juga akan berbagi ilmu dan pengalaman tentang profesi kepada siswa-siswi SDN Pondok Pinang 04, Tangerang Selatan. Hal ini dilakukan secara sukarela karena para karyawan yang terlibat menyadari bahwa pintu masa depan anak-anak bergantung pada dunia pendidikan dan apa yang mereka dengar. HERO Group berharap bahwa pengalaman para karyawan dapat menginspirasi cita-cita anak-anak di masa yang akan datang. 

HERO Teaching merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) HERO Group dibidang pendidikan yang telah memasuki tahun ke-2 pelaksanaannya. Program ini merupakan bagian dari Hero Peduli, wadah CSR HERO Group yang berfokus kepada empat pilar : Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat . 

“Kami harap dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah pengetahuan anak-anak mengenai dasar manajemen retail langsung dari para praktisi di lapangan, tentunya dengan cara yang ringan dan menyenangkan” sambung Natalia Lusnita. 

 

Tangerang Selatan, 30 April 2016 

 

Arya Kusumo 

Manager Corporate Social & Responsibility 

PT Hero Supermarket Tbk